Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Juli, 2014

Tekwan / Fish ball soup

Duh ni resep Bu Fatmah memang T.O.P bingit. Puas bikinnya . Dari kemaren pengiinn makan tekwan tp ga ada yg jual , mau ga mau bikin sendiri padahal masi lemes hbs kena radang beberapa hari yang lalu hehe. Stok jamur kuping habis, jd ga pake..bengkoang jg ga ada haha, sik penting enak kan. Gampang bikinnya..cepet lagi . Aku semua pake tenggiri, udangnya abis .
Resep copas dari mbak ricke-ordinary kitchen. Aku ngikut resep cuma skip udang, kuah nya pake rebusan biji tekwannya. Perpaduan tenggiri+bunga sedap malam..kuahnya harumm

Bahan biji tekwan:

1 kg ikan tengiri (atau ikan laut lainnya)700 gr tepung sagu tani500 ml air30 gr garam2 sdt kaldu bubuk1 sdt lada100 gr telur (aku pakai 2 butir ukuran sedang)2 batang daun bawang, iris halus (di resep asli tidak pakai)Air secukupnya untuk merebus biji tekwan

Cara membuatnya:

Haluskan daging ikan, tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk rata, masukkan telur dan aduk rata. Beri tepung uleni hingga rata dan kenyal, beri garam dan kaldu bubuk, u…

Resep Nasi Bakar Teri Cumi

Menunggu suami utk segera disantap bersama, sederhana tapi ga cukup sepiring..wkwkw. Jadi, tiap hari bisa nasi bakaran di rumah kan? . Ini mah gampil bingits semua jg bs buat

Bumbu iris semua:

Bawang putihBawang merahCabe merahCabe rawitGarem,lada,kaldu bubuk *opt
Pelengkap: 

TeriCumi/ayam/yg lainKemangi 

Siapkan sedikit minyak diwajan, tumis teri dan cumi hingga harum. Angkat. Dg sisa minyak, masukkan bumbu iris sampe wangi, masukkan nasi+teri cumi, bubuhi garem lada. Koreksi rasa, masukkan kemangi. Siapkan alufoil/daun pisang, masukkan nasi , bungkus.

Bakar di atas api. Sajikan dg tomat dan mentimun..enaakkk. Itu sepiring tadi tinggal sisa tulang ayamnya wkwk, besok bikin lagi ah

Bandeng Bakar Daun Singkong

Terakhir kali saya makan makanan ini 4th yg lalu, sodara yg bikin menu lezzzaats ini. Bandeng/tongkol terlezat yg pernah saya makan . Dan karena kepingin bgt, sms minta resep hehe. Ati ati ya makan ini efek sampingnya BB naik, boros beras nasi cepet habis wkwk. Bikin yuukkk

Bahan:

Ikan bandeng/tongkolDaun singkong (pilih yg muda)Sinom asem/pucuk daun asem (aku ga pake,dimana cari nya cb? Haha)Bumbu uleg dan sebagian di irisBawang merahBawang putihCabe rawit yg banyakTomatGulaGarem

Siapkn daun pisang, tata bandeng/tongkol, bumbu halus, bumbu iris kemudian tutup dengan daun singkong, bungkus sematkan lidi. Kukus hingga daun singkong matang 30menitan. Angkat, siapkan tatakan di atas kompor, bakar hingga daun pisang kecoklatan. Dibakar ya, kena api bukan dibakar di atas teplon . Selamat mencoba

Pisang Goreng Ala Madu Roso Cocok Buat Lebaran

Temen temen ada yg suka sm kudapan pisang goreng? Bosen pisang cm digoreng aja? Nah..ini ada kudapan gaya baru*ceileh*, tak hanya pisang ditepungin terus digoreng. Saya suka beli tabloid masak, nemu info tentang kudapan ini yg lagi naik daun di jakarta..oke karena sy suka utak atik ...horee berhasil bikin . Sst.. ini jg bisa buat usaha loh . Bayangin potongan pisang+tape+ubi/nanas/durian di goreng dlm adonan tepung+madu..hasilnya gorengan yg kres..legit dan lezat .

Bahan :

5 buah pisang raja, potong potong2 buah ubi manis kukus,potong2Tape singkongOptional : nanas, durian/apa aja dikreasi sesukanya
Pencelup:

Tepung teriguAir1 sendok gula2 sdm maduVaniliGaram
(Bisa dikira2 kan kekentalan tepung pencelupnya..jgn terlalu kental ya)

Aduk rata bahan pencelup. Masukkan potongan pisang+ubi+tape dkk. Aduk rata. Siapkan wajan dg minyak panas, ambil se-sendok sayur besar, goreng membentuk lingkaran (kaya bakwan hehe). Goreng hingga matang. Hias dengan toping suka suka ya, ga pake toping dijamin enn…

Resep Pastel Renyah

Pertama kali bikin pastel, masi belom rapi . Lumayan lama ya bikin pastel, giling kulitnya bikin isinya, tapi semua terbayar sukses saat Si Jagoan kecil, bolak balik ambil pastel, dan spt biasa doi bilang; "ennakk..yang bitin undaa" (enak yang bikin bunda) . Ga mahal kok, cuma itu "bayarannya" hahaha..thanks ya Kaka . Resep dari blog mbak nina,catatan nina  tapi aku tambahin isinya pake kentang. Jadi ini cemilan lengkap buat si kecil ada dobel karbo dari bihun+kentang, sayur wortel dan protein dr ayam
Ini saya tulis di sini ya,siapa tau ada yg lg pengin bikin pastel 

PASTEL RENYAH
source : Budi Sutomo
modified by Nina

Bahan Kulit :

250 gr tepung terigu serbaguna1 butir telur40 gr margarin60-100 ml air (dikira-kira ya sampai adonan terasa kalis)1/2 sdt garamminyak untuk menggoreng
Bahan Isian :

150 gr bihun ---> siram dengan air panas, tiriskan200 gr fillet ayam, potong dadu3 buah wortel, potong dadu kecil1 helai daun bawang , potong-potong3 butir telur rebus, belah
Bumbu…

(Bumbu Dasar Kuning ) sayur kacang panjang lombok ijo

Dari bukunya Mami Sisca juga tp aku modifikasi . Gamping dan enakk, seger buat sahur nanti.

Masak santan+bumbu dasar kuning+salam+daun jeruk+sereh sampe mendidih.
Masukkan kacang panjang, irisan lombok ijo+ tempe goreng potong kecil (aku tambahin sendiri tempenya) seger pedes2 . 10menit jadii . Oia sama lauknya buat baceman pake bumbu putih+gula jawa+kecap+salam+laos. Bsk sahur tggl goreng+sambel terasi .

Mudah bukan?

Lele Bakar, Bumbu Dasar

halo para emak kece, heppi bgt bs bikin lele bakar inii .
Iya hepi lah bikinnya gampang kok ga pake uleg2an..tinggal colek bumbu dasar putih + kecap + ketumbar bubuk. Bakar..wow jadilah lele bakar spt yg dijual di kaki lima.

Aku goreng dulu dong lele nya biar matengnya jelas . Ikan bs diganti dg ikan yg lain ya, smg mjd ide salah satu menu buka/sahur ya Lele,goreng hingga berkulit. Siapkan di piring datar: bumbu dasar putih+kecap+ketumbar bubuk. Olesin ke lele, biarkan 30menit. Bakar di atas api/arang/pan sambil oles sisa bumbu+kecap. Bakar hingga matang. Ennakkkk

Bola Bola Mi

Makan ini tuu ga cukup 3 biji harus 5 baru brenti wkwkwkw. Bikin banyak skalian buat cemilan besok . Ga maem nasi, maem ini udah kenyang . Kaka jg doyan pastinya, ada karbo, sayur dan protein dl tiap gigitan . Yuk bikiin. Resep di bawah ya copas dari gugel , sesuaikan dg bahan yg ada, kl ga pake kaldu ya ga usah pakai gt aja ya suka suka lah:)

Resep Bola-Bola Mie

Bahan :
100 gram Mi telur, rebus, tiriskan
100 gram Kentang, rebus, haluskan
30 gram Tepung terigu protein sedang
100 gram Ayam fillet, rebus, cincang
100 gram Wortel, potong dadu kecil
4 buah Bawang merah, cincang halus
2 siung Bawang putih, cincang halus
70 ml Air
1/2 sdt Kaldu bubuk
1/2 sdt Garam
1/2 sdt Merica halus
1 butir Telur ayam, kocok lepas
2 sdm Margarin

Lapisan :
100 gram Tepung panir
1 butir Telur ayam , kocok lepas
500 gram Minyak goreng, untuk menggoreng

Cara membuat :
Panaskan margarin, tumis bawang merah dan putih hingga kuning. Masukkan daging ayam dan wortel. Tambahkan air, didihkan. Masukkan kaldu bubuk, ga…

Resep Bapao

Mas suami rekues minta dibikinin bapao, baru hari ini ekseskusi. Abaikan bentuknya yg enggak bgt hahaha. Ini resep dri JTT (pao isi ayam pedas) tp aku pake kacang ijo, next time pengen bikin yg ayam pedes . Enak, ga ribet, ga pake telor pula hihi

Bahan roti:
Bahan starter/biang (A):
- 100 ml air hangat
- 2 1/2 sendok teh ragi instant, pastikan fresh dan cek tanggal kedaluarsa (saya pakai Fermipan)
- 130 gram tepung Hongkong/pao (aku pake segitiga biru)

Bahan untuk adonan roti (B):
- 370 gram tepung Hongkong atau tepung pau(aku pake cakra kembar)
- 125 gram gula pasir
- 2 1/4 sendok teh baking powder, pastikan masih fresh
- 5 sendok teh margarine/mentega putih, bisa menggunakan margarine biasa hanya saja adonan pau anda akan berwarna sedikit kekuningan.
- 1/4 sendok teh garam
- 100 - 115 ml air

Isian: bebas ya, mau pake kacang ijo,coklat keju,ayam pedas/daging dsb nya. Aku pake kacang ijo isiannya, direbus+gula jawa blender kentalkan dg tepung

Cara membuat:
Membuat adonan roti
Starter/bia…

Ayam Bento Lada Hitam ala KFC

Yap..ini adalah salah satu menu di Kfc kalo ga salah namanya O bento apa ya , nasi seuprit dg potongan ayam crispy saus lada hitam. Kebayang2 pengen bisa bikin..ndilalah pas beli Saji ada kolom bisnis ayam bento lada hitam ini..cihuy! Langsung eksekusi..maniak lada hitam, dan besok masi berlanjut hahaha. Ini sausnya rencana bsk mau buat steak ayam crispy . Alhamdulillah suami suka, enak di perut..anget katanya

Bahan:
Dada ayam tnp tulang, iris kotak 2x2
Garam
Bawang putih,haluskan
Kecap asin
(Tarok ayam yg sudah di potong kotak2 ke dalam mangkok,lumuri dg kecap asin,bawang putih dan garam,diamkan 30menit)

Pelapis:
Tepung terigu
Garam
Lada

Pencelup: 
air es

Ambil potongan ayam,gulingkan ke pelapis,masukkan ke pencelup air es
Kemudian gulingkan lagi ke tepung pelapis. Goreng hingga matang.

Saus lada hitam:
3sdm saus tomat
2sdm kecap manis
1sdm kecap asin
4 bawang putih
1 buah bombay
1 paprika
1sdm merica hitam bulat,tumbuk kasar
Gula
Garam
Minyak
Air
Maizena

Cara:
Tumis bawang bombay dan b…

Steak Ayam Crispy

Edisi ngabisin saus lada hitam kemaren, bikin steak ayam crispy . Ternyata ga seribed yg dibayangin loh bikin steak itu haha, alamat nggak njajan steak lagi niy ..nyam nyam nyam, iya kan Pak Kafi? 


Bahan :
5 buah daging dada ayam tanpa tulang, iris tipis melebar.
Kecap asin
4 bua wortel, potong panjang
100 gram buncis, potong panjang
5 buah kentang, potong serasi dengan wortel dan buncis
2 butir telur, kocok lepas
150 gram tepung terigu
1 sendok makan tepung maizena ( tambahan sendiri dariku ,biar lebih crispy)
1 sendok teh merica bubuk
Sedikit garam
Bubuk bawang putih

Cara
Rendam daging / ayam dalam campuran air, merica bubuk dan kecap asin, bubuk bawang putih.Diamkan 30 menit.
Gulingkan daging ke campuran tepung terigu yang sudah di beri merica bubuk, garam dan kaldu bubuk, lalu celupkan ke kocokan telur, lalu gulingkan kembali ke tepung terigu berbumbu , sambil di cubit cubit biar bisa keriting .Goreng di minyak banyak dan panas sampai kuning kecoklatan. Steak crispy yang ok..kulit luarnya crsipy…