Langsung ke konten utama

Tekwan / Fish ball soup

Duh ni resep Bu Fatmah memang T.O.P bingit. Puas bikinnya . Dari kemaren pengiinn makan tekwan tp ga ada yg jual , mau ga mau bikin sendiri padahal masi lemes hbs kena radang beberapa hari yang lalu hehe. Stok jamur kuping habis, jd ga pake..bengkoang jg ga ada haha, sik penting enak kan. Gampang bikinnya..cepet lagi . Aku semua pake tenggiri, udangnya abis .
Resep copas dari mbak ricke-ordinary kitchen. Aku ngikut resep cuma skip udang, kuah nya pake rebusan biji tekwannya. Perpaduan tenggiri+bunga sedap malam..kuahnya harumm

Bahan biji tekwan:

  • 1 kg ikan tengiri (atau ikan laut lainnya)
  • 700 gr tepung sagu tani
  • 500 ml air
  • 30 gr garam
  • 2 sdt kaldu bubuk
  • 1 sdt lada
  • 100 gr telur (aku pakai 2 butir ukuran sedang)
  • 2 batang daun bawang, iris halus (di resep asli tidak pakai)
  • Air secukupnya untuk merebus biji tekwan


Cara membuatnya:

  1. Haluskan daging ikan, tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk rata, masukkan telur dan aduk rata. Beri tepung uleni hingga rata dan kenyal, beri garam dan kaldu bubuk, uleni rata. Masukkan daun bawang, aduk rata.
  2. Masak air dipanci hingga mendidih, ambil sedikit adonan dengan sendok teh (ga usah dibulet-buletin, sendoki secara acak aja), celupkan dalam air mendidih. Biarkan mengapung. Angkat dan tiriskan.


Sup udang (kuah tekwan):
Bahan:

  • 250 gr udang, kupas kulitnya dan potong kepalanya, cincang kasar (klo aku kulit dan kepala udang tidak dibuang tapi disangrai untuk kaldu udang)
  • 250 gr bengkoang, potong korek api
  • 50 gr jamur kuping kering, rendam, potong halus (aku pakai jamur kuping segar)
  • 100 gram sedap malam kering (bunga pisang), simpulkan
  • 15 bh bawang merah iris halus (aku dicincang kasar)
  • 10 bh bawang putih, iris halus (aku dicincang kasar)
  • 2,5 ltr air (tambahkan sesuai keperluan)
  • 10 buah ebi, haluskan
  • 1,5 sdt lada halus
  • 3 sdt kaldu bubuk
  • 5 sdt garam
  • 1 sdt maggi seasoning (optional)
  • Sedikit minyak untuk menumis.

Pelengkap:

  • Sohun, rendam air panas hingga lunak, tiriskan
  • Bawang merah goreng, untuk taburan
  • Daun bawang, iris halus
  • Sambal cabe rawit


Cara membuatnya:

  1. Sangrai kulit dan kepala udang yang telah dibersihkan sampai agak kering. Sisihkan.
  2. Panaskan minyak goreng, tumis bawang merah, bawang putih hingga harum, masukkan udang, masak hingga berubah warna.
  3. Masukkan bengkoang, jamur kuping, sedap malam kering dan semua bumbu, aduk rata.
  4. Panaskan air, masukkan kulit dan kepala udang yang telah disangrai. Maukkan ebi halus. Masak hingga mendidih. Buang kulit dan kepala udangnya. Masukkan tumisan bawang, udang dan sayuran.
  5. Tata sohun dalam mangkuk, sajikan biji tekwan dengan kuahnya, taburi bawang merah goreng dan daun bawang. Beri sambal cabe rawit bila suka. Nikmat disantap panas-panas.

Postingan populer dari blog ini

Bumbu Dasar ala Chef Rudi Choirudin - Cocok untuk Ramadhan

Hai haii buibuu...siapa sii yg ga mau memasak praktis ga rempong ulek2 dann masak kilat? Nah kl dah punya bumbu dasar inii (apalagi Ramadhan atau Puasa gini ya) insyaallah akan sgt amat membantuu sekaali mengurangi kerepotan di dapur . Nah..ini resep bumbu dasarnya rudi C, konon selama 12tahun beliau menciptakan bum das ini. Yuuk buat sendiri, mudah dan ga terlalu repot kok. Lumayan kan lebih dr 1 bulan bs masak praktis tanpa rempok ulek2 di dapur Oia aku blm buat yg bumbu orens, jadinya baru 3 bumbu dasar aja. Ini copas dr just alia blog ya.

BUMBU DASAR MERAH
Bumbu yang dapat dipergunakan seluruh masakan Indonesia yang berwarna merah (tumisan,nasi goreng, sambal goreng dll) hanya menambah bahan bumbu seperti daun salam, sereh,lengkuas.
Bahan : 400 gr cabe merah ( buang bijinya)100 gr bawang merah50 gr bawang putih100 gr tomat20 gr terasi100 gr gula pasir15 gr garam100 ml minyak goreng ( saat blender )100 ml minyak goreng ( saat menumis )Cara membuat : Haluskan semua bahan kecuali…

Ayam Bento Lada Hitam ala KFC

Yap..ini adalah salah satu menu di Kfc kalo ga salah namanya O bento apa ya , nasi seuprit dg potongan ayam crispy saus lada hitam. Kebayang2 pengen bisa bikin..ndilalah pas beli Saji ada kolom bisnis ayam bento lada hitam ini..cihuy! Langsung eksekusi..maniak lada hitam, dan besok masi berlanjut hahaha. Ini sausnya rencana bsk mau buat steak ayam crispy . Alhamdulillah suami suka, enak di perut..anget katanya

Bahan:
Dada ayam tnp tulang, iris kotak 2x2
Garam
Bawang putih,haluskan
Kecap asin
(Tarok ayam yg sudah di potong kotak2 ke dalam mangkok,lumuri dg kecap asin,bawang putih dan garam,diamkan 30menit)

Pelapis:
Tepung terigu
Garam
Lada

Pencelup: 
air es

Ambil potongan ayam,gulingkan ke pelapis,masukkan ke pencelup air es
Kemudian gulingkan lagi ke tepung pelapis. Goreng hingga matang.

Saus lada hitam:
3sdm saus tomat
2sdm kecap manis
1sdm kecap asin
4 bawang putih
1 buah bombay
1 paprika
1sdm merica hitam bulat,tumbuk kasar
Gula
Garam
Minyak
Air
Maizena

Cara:
Tumis bawang bombay dan b…

Ikan Kakap Goreng Nyuusss

Mau masak apa ya?? oya, masih ada ikan kakap di kulkas..baik g usah repot goreng ajah. Mau yang simpel n ndak repot. Yuk goreng ikan kakap dengan bumbu sederhana tapi insyaAllah enaaak... :)

Bahan :
5 ikan kakap segar (cuci bersih, iris-iris tengah dagingnya biar bumbu meresap dan tetesi dengan lemon)Minyak goreng secukupnya.Sedikit air untuk campuran bumbu. Lalapan : selada, timun, tomat dan daun kemangi. Bumbu :
6 siung bawang putih3 cm kunyit1sdt garam / sesuai selera1/2 sdt lada bubuk Cara membuat :
Haluskan semua bumbu, tambahkan air. Rendam ikan dalam bumbu, lumuri secara rata. Biarkan 15 menitSiapkan wajan dan panaskan minyak goreng.Goreng ikan hingga kekuningan. Matang angkat dan tiriskan.Sajikan dengan lalapan dan sambal terasi.