Langsung ke konten utama

Semur Telor Kecap Sederhana

Semur Telur Kecap
Dari kecil paling suka yang namanya telur coklat :D. Masak semur telor kasih sayur buncis, wortel dan kentang goreng. Wah kog kayak sayurnya di steak ya?? nggak papa namanya juga semur sederhana. Oke langsung ke TKP yuuk, eh dapur maksudnya. :)

Bahan :
  1. 5 butir telor direbus.
  2. 100 gr buncis, potong 2cm lalu rebus
  3. 2 buah wortel, potong panjang lalu rebus
  4. 3 buah kentang, potong panjang lalu goreng
  5. Kecap manis secukupnya
  6. Minyak untuk menumis
  7. 350 ml air
  8. 2 ruas kayu manis
Bumbu : 
  1. 4 siung bawang merah, iris tirpis
  2. 2 cm jahe (memarkan)
  3. 5 siung bawang putih, haluskan
  4. 2 buah cabe rawit, haluskan
  5. 4 butir kemiri, haluskan
  6. 1 sdt ketumbar, haluskan
  7. 1 sdt lada, haluskan
  8. 1/8 buah pala, haluskan
Cara membuat :
  • Panaskan minyak,tumis bawang merah, jahe dan bumbu yang dihaluskan sampai harum.
  • Tambahkan air, masak hingga mendidih.
  • Masukan telor rebus.
  • Tambahkan kecap, garam dan gula pasir. Masak hingga bumbu meresap.
  • Rasa udah sesuai selera, angkat sajikan bersama sayurnya. Tambahkan bawang gorengnya.
  • Selamat mencoba deeh. :)

Postingan populer dari blog ini

Bumbu Dasar ala Chef Rudi Choirudin - Cocok untuk Ramadhan

Hai haii buibuu...siapa sii yg ga mau memasak praktis ga rempong ulek2 dann masak kilat? Nah kl dah punya bumbu dasar inii (apalagi Ramadhan atau Puasa gini ya) insyaallah akan sgt amat membantuu sekaali mengurangi kerepotan di dapur . Nah..ini resep bumbu dasarnya rudi C, konon selama 12tahun beliau menciptakan bum das ini. Yuuk buat sendiri, mudah dan ga terlalu repot kok. Lumayan kan lebih dr 1 bulan bs masak praktis tanpa rempok ulek2 di dapur Oia aku blm buat yg bumbu orens, jadinya baru 3 bumbu dasar aja. Ini copas dr just alia blog ya.

BUMBU DASAR MERAH
Bumbu yang dapat dipergunakan seluruh masakan Indonesia yang berwarna merah (tumisan,nasi goreng, sambal goreng dll) hanya menambah bahan bumbu seperti daun salam, sereh,lengkuas.
Bahan : 400 gr cabe merah ( buang bijinya)100 gr bawang merah50 gr bawang putih100 gr tomat20 gr terasi100 gr gula pasir15 gr garam100 ml minyak goreng ( saat blender )100 ml minyak goreng ( saat menumis )Cara membuat : Haluskan semua bahan kecuali…

Ayam Bento Lada Hitam ala KFC

Yap..ini adalah salah satu menu di Kfc kalo ga salah namanya O bento apa ya , nasi seuprit dg potongan ayam crispy saus lada hitam. Kebayang2 pengen bisa bikin..ndilalah pas beli Saji ada kolom bisnis ayam bento lada hitam ini..cihuy! Langsung eksekusi..maniak lada hitam, dan besok masi berlanjut hahaha. Ini sausnya rencana bsk mau buat steak ayam crispy . Alhamdulillah suami suka, enak di perut..anget katanya

Bahan:
Dada ayam tnp tulang, iris kotak 2x2
Garam
Bawang putih,haluskan
Kecap asin
(Tarok ayam yg sudah di potong kotak2 ke dalam mangkok,lumuri dg kecap asin,bawang putih dan garam,diamkan 30menit)

Pelapis:
Tepung terigu
Garam
Lada

Pencelup: 
air es

Ambil potongan ayam,gulingkan ke pelapis,masukkan ke pencelup air es
Kemudian gulingkan lagi ke tepung pelapis. Goreng hingga matang.

Saus lada hitam:
3sdm saus tomat
2sdm kecap manis
1sdm kecap asin
4 bawang putih
1 buah bombay
1 paprika
1sdm merica hitam bulat,tumbuk kasar
Gula
Garam
Minyak
Air
Maizena

Cara:
Tumis bawang bombay dan b…

Ikan Kakap Goreng Nyuusss

Mau masak apa ya?? oya, masih ada ikan kakap di kulkas..baik g usah repot goreng ajah. Mau yang simpel n ndak repot. Yuk goreng ikan kakap dengan bumbu sederhana tapi insyaAllah enaaak... :)

Bahan :
5 ikan kakap segar (cuci bersih, iris-iris tengah dagingnya biar bumbu meresap dan tetesi dengan lemon)Minyak goreng secukupnya.Sedikit air untuk campuran bumbu. Lalapan : selada, timun, tomat dan daun kemangi. Bumbu :
6 siung bawang putih3 cm kunyit1sdt garam / sesuai selera1/2 sdt lada bubuk Cara membuat :
Haluskan semua bumbu, tambahkan air. Rendam ikan dalam bumbu, lumuri secara rata. Biarkan 15 menitSiapkan wajan dan panaskan minyak goreng.Goreng ikan hingga kekuningan. Matang angkat dan tiriskan.Sajikan dengan lalapan dan sambal terasi.