Skip to main content

Pizza Supesial


Pizza Supesial:: wkwkw..spesial buat rekuess . Slurrrpppppp. Hayuukk buattt :)
Seperti biasa aku pake resep soft dough pizza mb rina rinso ncc. Pas nurutku.

Resep pizza dough-nya punya mba Rina Rinso

Soft Dough Pizza

Bahan :

  1. 350 gr terigu protein tinggi (misalnya cakra) 
  2. 15 gr gula pasir
  3. 5 gr ragi instan
  4. 20 gr susu bubuk
  5. 200 ml air es
  6. 50 gr mentega putih (tp aku pakai blueband)
  7. 1 sdt garam
Cara membuat (ala aku) :
  • Campur semua bahan kecuali air dan garam. Kemudian masukkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis. -- mixer speed 1 
  • Setelah kalis diamkan sampai adonan mengembang 2 kali. Di resep tertulis 30 menit tetapi aku kemarin biarkan proofing di suhu ruang 1 jam 15 menit. (ngikut mba indah pahlevi)
  • Setelah mengembang kempiskan adonan, kemudian bagi adonan menjadi 2 bagian. Bulatkan adonan dan diamkan 10 menit.
  • Setelah didiamkan 10 menit tipiskan adonan dengan cara digiling. Kemudian tusuk-tusuk dengan garpu. Seharusnya bagian tepi adonan lebih tebal, tetapi aku kemarin rata aja semuanya. (sama dengan mba indah, rata juga)
  • Setelah itu diamkan 30 menit sampai mengembang.
  • Oven dengan api bawah suhu 190 derajat selama 8 menit sampai roti setengah matang.
  • Oleskan bagian atas roti dengan saus pizza (untuk isian saya pakai saus bolognaise mba nicke jj, sosis, jamur dan taburi dengan keju mozarella) 
  • Oven lagi selama 10menit sampai matang. (Aku toping pake saus bolognese bisa buat sendiri atau pake la fonte/fiesta suka suka lah, paprika merah ijo, daging giling kl ada, bawang bombay, jagung manis, sosis sapi, apa ajalah suka2
  • Selamat mencoba.. :)