Langsung ke konten utama

Resep Kue Akar Kelapa Wijen


Alhamdulillah keturutan jg bikin ni cemilan, Kaka doyyan spt biasa waktu bikin ini doi udah nodong bawa piring, "Nda buat Tata (Kaka) mannaa?" Wkwk. Alhasil yg makan lebih cepet drpd yg bikin, tapii heepiii liat Kaka makan nge leseh cemal cemil," Unda..enyaak lohh..ini namanya apa matanannya?"Hahah. Disarankan eksekusi ini kl luang dan ga capek ya. Oia saya ga pny cetakan akar kelapa jadi pake plastik piping bag/segitiga kemudian ujungnya dipasang spuit bentuk bintang/yg bergerigi.

Sumber : Lezat.com

Bahan Utama:

  • 4 butir telur
  • 40 ml air
  • 50 gram margarine
  • 1/4 sdt garam halus
  • 1/4 sdt vanili bubuk
  • 100 gula halus (tambahkan jika ingin rasa yang rasa manis )
  • 1 ons wijen (untuk yang rasa asin)
  • Minyak Goreng ( Sesuaikan dengan ukuran wajan )
  • 25 gram susu bubuk(skip)
  • 50 gram tepung tapioca
  • 275 gram tepung ketan


Cara membuat kue akar kelapa:

  • Kocok telur, gula halus, garam dan vanili menggunakan pengocok kawat sampai gula larut (sy pake mixer biar cepet). Adonan tidak harus sampai mengembang.
  • Campur dan ayak susu bubuk, tepung tapioka dan tepung ketan
  • Kemudian Masukkan campuran susu bubuk dan tepung secara bertahap sambil diaduk, kemudian tuangkan air,dan aduk sampai rata.
  • Taruh adonan ke atas meja datar . Lalu tambahkan margarine, aduk dan uleni sampai lembut. tutup memakai plastik kemudian diamkan selama lebih kurang 20 menit supaya adonan mudah untuk dibentuk.
  • Ambil adonan secukupnya lalu masukan ke dalam kantong plastik rangkap 2 yang sudah dipasang spluit bintang dengan ukuran sedang. Panaskan wajan dg api kecil, Tekan Plastik untuk mengeluarkan adonan potong dengan gunting sepanjang 5 cm, masukkan kedalam wajan. Kue di goreng sambil diaduk-aduk hingga matang, saat kering dan warna menjadi kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Setelah dingin simpan dalam wadah yang kedap udara. Kue Akar Kelapa Siap dinikmati.

Tips ala saya : jadi ketika gorengan pertama matang, angkat. Saya matikan api/kompornya. Kemudian spuit kan laagi adonan ke dalam wajan sampe penuh. Baru api kompor dinyalakan lagi dengan api kecil. Ulangi sampe adonan habis Kenapa? Soalnya riskan sklai gosong padahal dalam belom matang. Jadi api dimatikan dulu

Postingan populer dari blog ini

Bumbu Dasar ala Chef Rudi Choirudin - Cocok untuk Ramadhan

Hai haii buibuu...siapa sii yg ga mau memasak praktis ga rempong ulek2 dann masak kilat? Nah kl dah punya bumbu dasar inii (apalagi Ramadhan atau Puasa gini ya) insyaallah akan sgt amat membantuu sekaali mengurangi kerepotan di dapur . Nah..ini resep bumbu dasarnya rudi C, konon selama 12tahun beliau menciptakan bum das ini. Yuuk buat sendiri, mudah dan ga terlalu repot kok. Lumayan kan lebih dr 1 bulan bs masak praktis tanpa rempok ulek2 di dapur Oia aku blm buat yg bumbu orens, jadinya baru 3 bumbu dasar aja. Ini copas dr just alia blog ya.

BUMBU DASAR MERAH
Bumbu yang dapat dipergunakan seluruh masakan Indonesia yang berwarna merah (tumisan,nasi goreng, sambal goreng dll) hanya menambah bahan bumbu seperti daun salam, sereh,lengkuas.
Bahan : 400 gr cabe merah ( buang bijinya)100 gr bawang merah50 gr bawang putih100 gr tomat20 gr terasi100 gr gula pasir15 gr garam100 ml minyak goreng ( saat blender )100 ml minyak goreng ( saat menumis )Cara membuat : Haluskan semua bahan kecuali…

Ayam Bento Lada Hitam ala KFC

Yap..ini adalah salah satu menu di Kfc kalo ga salah namanya O bento apa ya , nasi seuprit dg potongan ayam crispy saus lada hitam. Kebayang2 pengen bisa bikin..ndilalah pas beli Saji ada kolom bisnis ayam bento lada hitam ini..cihuy! Langsung eksekusi..maniak lada hitam, dan besok masi berlanjut hahaha. Ini sausnya rencana bsk mau buat steak ayam crispy . Alhamdulillah suami suka, enak di perut..anget katanya

Bahan:
Dada ayam tnp tulang, iris kotak 2x2
Garam
Bawang putih,haluskan
Kecap asin
(Tarok ayam yg sudah di potong kotak2 ke dalam mangkok,lumuri dg kecap asin,bawang putih dan garam,diamkan 30menit)

Pelapis:
Tepung terigu
Garam
Lada

Pencelup: 
air es

Ambil potongan ayam,gulingkan ke pelapis,masukkan ke pencelup air es
Kemudian gulingkan lagi ke tepung pelapis. Goreng hingga matang.

Saus lada hitam:
3sdm saus tomat
2sdm kecap manis
1sdm kecap asin
4 bawang putih
1 buah bombay
1 paprika
1sdm merica hitam bulat,tumbuk kasar
Gula
Garam
Minyak
Air
Maizena

Cara:
Tumis bawang bombay dan b…

Ikan Kakap Goreng Nyuusss

Mau masak apa ya?? oya, masih ada ikan kakap di kulkas..baik g usah repot goreng ajah. Mau yang simpel n ndak repot. Yuk goreng ikan kakap dengan bumbu sederhana tapi insyaAllah enaaak... :)

Bahan :
5 ikan kakap segar (cuci bersih, iris-iris tengah dagingnya biar bumbu meresap dan tetesi dengan lemon)Minyak goreng secukupnya.Sedikit air untuk campuran bumbu. Lalapan : selada, timun, tomat dan daun kemangi. Bumbu :
6 siung bawang putih3 cm kunyit1sdt garam / sesuai selera1/2 sdt lada bubuk Cara membuat :
Haluskan semua bumbu, tambahkan air. Rendam ikan dalam bumbu, lumuri secara rata. Biarkan 15 menitSiapkan wajan dan panaskan minyak goreng.Goreng ikan hingga kekuningan. Matang angkat dan tiriskan.Sajikan dengan lalapan dan sambal terasi.