Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Juli, 2013

Sop Sayuran Sederhana

Nah, saatnya buka puasa. Klo lagi puasa, enaknya pas buka ya yang seger2. Sayurnya yang seger, nah sop adalah pilihan yang tepat. :) Keluarga senang kita pun yang masak jadi senang. :) mantapz

Bahan :
!/4 Ayam (potong kecil2) 2 buah wortel (potong bulat)1 Bunga kol (potong tiap kuntumnya)Kacang Kapri (sesuai selera)2 buah kentang (potong dadu)Segenggam makaroni / sesuai selera1 tangkai daun bawang (potong bulat dan tipis)1 tangkai daun seledri (potong sesuai daun atau iris lembut)3 sdm margarin (untuk menumis) 1 liter air Bumbu :
4 siung bawang putih (haluskan)2 siung bawang merah (iris tipis)seperempat bawang bombai (iris kasar)1/2 sdt merica bubukGula secukupnyaGaram secukupnya 1sdm Penyedap (bila suka) Caranya :
Cuci bersih sayuran dan siapkan bumbunya.Panaskan margarin dalam wajan. Tumis hingga harum bawang putih, bawang bombai, bawang merah dan merica kemudian tambahkan sedikit air.Masukan ayam, wortel dan kentang tunggu hingga setengah empuk kemudian masukan sayuran lainnya.Tambah…

Cake Kacang Hijau

Empuuk bangeedd, kaya sponge cake tp mak klenyerr rasanya :D. Ceritanya dari kemaren Kaka (anakq) pengin "oti,oti,oti", Unda janjiin besok ya dibuatin. Akhirnya pagi2 buta td baking. Di kulkas masi ada sisa puree kacang hijau (kacang hijau direbus sampe empuk, dg menyisakan sedkit air rebusan, blender hingga lembur benar).Googling ga nemu resep yg pas,akhirnya bismillah aku modif+buat sendiri resepnya . Wow koprol..pas udah mateng, cake nya lebih dr yg diharapkan :D*baru kali ini bisa kue se empuk inih*. Harus di coba ni, soalnya empukkkk bgttt..mak klenyerr . 

Resep :
Bahan :
2 butir telor suhu ruang.60gr gula pasir. 50gr Tepung terigu kunci biru.100gr puree kacang hijau. 60ml minyak goreng.Sejimpit vanili dan garam. Cara :
Kocok telor+gula dg kecepatan tinggi hingga kental berjejak*ingat ya*.Turunkan ke speed 1 mikser nya, Masukkan puree kacang hijau+garam+vanili, aduk rata.Masukkan terigu sambil di ayar, aduk rata.Masukkan minyak goreng, aduk rata.Tuang ke loya…

Orak Arik Telor

Ini menu sahur keluarga kecilq yang pertama. Abisnya bingung mo masak apa buat sayurnya. Klo lauknya udah ciapz laaah. Masak mendadak, cepat dan bergizi. :)

Bahan :
200 gr wortel1/2 kubis2 butir telorAir (sedikit saja)3 sdm margarin (pake minyak jg boleh, aq lebih suka pake margarin buat numis dri pada pake minyak) Bumbu :
5 siung bawang putih (haluskan)1/2 sdt mrica bubuk1/4 bawang bombai (potong2 kasar)garam sesuai seleragula sesuai selera Cara membuat :
Parut/potong2 wortel, dan potong2 panjang kubis.Panaskan margarin/ minyak, masukan bumbu dan ditumis hingga harum.Masukkan telor yang sudah di orakarik terlebih dahulu.Masukkan sayurannya, aduk rata.Tambahkan air, gula dan garam.Aduk rata, cicipi sesuai selera, matang dan kemudian sajikan.



BROWNIES PANGGANG PENNYLANE

Brownie in Cup. Resep sama dg brownie pennylane kemaren tp ini aku tambahin kacang mede cincang, toping almond. Kayaknya udah ga beli di toko lagi deh..cz pada suka buatan unda yg kaya gini, ga pake pengembang ga pake pelembut .
Resep : Riana Ambarsari Konon mbak Riana dapet resep ini dari ibu2 kedutaan Amrik sonoh.. 

Bahan :
4 butir telur360 gram gula pasir225 gram minyak goreng60 gram cocoa powder210 gram tepung terigu½ sdt garam1 sdt vanili bubuk120gramkenari/kacang tanah/mede cincang dan sangrai. Keju/almond utk toping Cara membuat :
Panaskan oven suhu 180C, alasi loyang dengan kertas roti dan olesi dengan margarin. Kocok telur dan gula sampai kental dan gula larut. Masukkan vanili dan garam. Masukkan tepung dan cocoa powder sambil diayak dan diaduk perlahan dengan spatula atau kocok dengan mixer kecepatan rendah. Setelah rata, masukkan minyak sambil diaduk perlahan. Lalu masukkan kacang (bila suka) dan chocolate chips. Taburi permukaan brownies dengan keju, kacang almond ata…

Mie Ayam Yamien

Ngegoogling ada resep ala Bakmi GM yg kesohor itu, aku pake resepnya tapi tak modifikasi sesuai keinginan hihii. Mie nya aku buat sendiri mirip bgt sm mie nya Mas Yudi (Jogja)*pedee*, unyuu kenyil2 gitu.

Bahan Mie :
150gr tep cakra kembar1 btr telor1sdt garamAir secukupnya/jus sayuran utk mie warna warni Cara membuat :
siapkan mangkok plastik, masukkan tepung,garam,telor aduk dg spatula/whisk hingga menggerindil.Tuang air, uleni dg air sampe adonan bisa dibentuk bola (adonan tdk terlalu keras namun jg ga terlalu licin*ingat ini ya hehe).Uleni sebentar. Bungkus dg plastik putih, banting2 sbentar.Siapkan pasta maker, adonan mie siap di proses .
Bahan mie ayam yamien :
Mie telor basah (bisa beli di spm, tp mantep bikin sndiri heheu :p)Kecap asinBawang gorengDaun bawangMinyak ayam (kulit ayan+bwg putih geprek+minyak ditumis, ditekan2 hingga minyak dr kulit ayam keluar) Toping :
3 siung bwg putih(keprek cincang halus)Daging ayam potong dadu (aku pake 2 paha ayam, dagingnya di potong…

Banana Cashew Cup Cake

Awalnya cari cari resep cake yg ga pake gula, pengen buatin ibuk mertua yg diet gula. Tanya mba Ecka, bisa pake pisang. Oke aku coba pake pisang sunpride + 5 sachet gula jagung tropicana slim. Manisnya samar bgt, aku kasih cincangan mede di dalemnya.. mmhh gurih2 gitu deh . Atas nya sengaja di coklatin biar rada seksi wkwkw*

Bahan :
2 butir telor suhu ruang5 sachet gula diet tropicana (bisa diganti gulpas biasa)3/4 pisang sunpride/ambon (lumatkan)70gr terigu protein rendah50ml minyak goreng2 gengam kacang mede (sangrai, cincang kasar) Cara membuat :
Kocok telor+gula hingga mengembang putih kental berjejakMasukkan terigu sedikit di ayak bergantian dg pisang yg dilumatkan, mixser dg kecepatan rendah, sampai tercampur rata.Masukkan kacang mede cincang, terakhir tuang minyak goreng. Aduk rata, pastikan minyak tercampur dan tdk mengendapTuang adonan ke loyang/paper cup beri irisan alomond. Panggang di 180dc selama 30 menit. (Kue nya lembut empuk, kacang mede nya memberi sensasi berbed…

Pisang Coklat Aroma

Maasih angett..coklatnya melelehhh..yumyyy. Temen nyemil sore2..edisi nyelametin pisang yg kematangan dan sisa Dcc yg bentar lagi kadaluarsa #emak tak mau rugii :D
Caranya Mudah: Kulit lumpia (tuku no pasar hihi, 15 lmbr 3rb)Isinya pisang iris panjangTambahkan coklat DCC (yg bs dilelehin itu lho merk colatta)Digulung lem nya pake terigu yang sudah ditambah air.Gowrengg. Sreeeng....

Hot Chocholate

Nyruput inii...langsung melek..semangat lagii .

Bahan :
Cocoa powderVanilla beanSusu bubuk miloGulaAir panas Cara membuat :
Mix semua bahan. :)

Bumbu Dasar ala Chef Rudi Choirudin - Cocok untuk Ramadhan

Hai haii buibuu...siapa sii yg ga mau memasak praktis ga rempong ulek2 dann masak kilat? Nah kl dah punya bumbu dasar inii (apalagi Ramadhan atau Puasa gini ya) insyaallah akan sgt amat membantuu sekaali mengurangi kerepotan di dapur . Nah..ini resep bumbu dasarnya rudi C, konon selama 12tahun beliau menciptakan bum das ini. Yuuk buat sendiri, mudah dan ga terlalu repot kok. Lumayan kan lebih dr 1 bulan bs masak praktis tanpa rempok ulek2 di dapur Oia aku blm buat yg bumbu orens, jadinya baru 3 bumbu dasar aja. Ini copas dr just alia blog ya.

BUMBU DASAR MERAH
Bumbu yang dapat dipergunakan seluruh masakan Indonesia yang berwarna merah (tumisan,nasi goreng, sambal goreng dll) hanya menambah bahan bumbu seperti daun salam, sereh,lengkuas.
Bahan : 400 gr cabe merah ( buang bijinya)100 gr bawang merah50 gr bawang putih100 gr tomat20 gr terasi100 gr gula pasir15 gr garam100 ml minyak goreng ( saat blender )100 ml minyak goreng ( saat menumis )Cara membuat : Haluskan semua bahan kecuali…

Sambal Tomat..tooo..

Tak mau ketinggalan, sambal tomato pengen eksis pula di meja makan. Mantap nie sebagai pelengkap masakan qta hari ini..yuuuk tengoooook reseeep nyooo.

Bahan :
15 cabe merah7 cabe rawit merah2 tomat merah1/2 sdt terasi (dibakar dulu)5 siung bawang merah5 siung bawang putih1 sdm gula jawa1 sdt gula1/2 sdt penyedap (bila suka)5 sdm minyak untuk menumis Cara membuat:
Cuci bersih cabe, tomat, bawang merah dan bawang putih. Kemudian dipotong-potong.Siapkan wajan dan panaskan minyak. Masukkan cabe, tomat, bawang merah dan bawang putih. Goreng sebentar agar empuk.Siapkan cobek, tambahkan gula, terasi, garam dan penyedap.Masukkan bumbu yang di tumis tadi ke cobek, kemudian haluskan (ulek) sampai lumayan lembut. Jadi deeh, sajikan. :)

Ikan Kakap Goreng Nyuusss

Mau masak apa ya?? oya, masih ada ikan kakap di kulkas..baik g usah repot goreng ajah. Mau yang simpel n ndak repot. Yuk goreng ikan kakap dengan bumbu sederhana tapi insyaAllah enaaak... :)

Bahan :
5 ikan kakap segar (cuci bersih, iris-iris tengah dagingnya biar bumbu meresap dan tetesi dengan lemon)Minyak goreng secukupnya.Sedikit air untuk campuran bumbu. Lalapan : selada, timun, tomat dan daun kemangi. Bumbu :
6 siung bawang putih3 cm kunyit1sdt garam / sesuai selera1/2 sdt lada bubuk Cara membuat :
Haluskan semua bumbu, tambahkan air. Rendam ikan dalam bumbu, lumuri secara rata. Biarkan 15 menitSiapkan wajan dan panaskan minyak goreng.Goreng ikan hingga kekuningan. Matang angkat dan tiriskan.Sajikan dengan lalapan dan sambal terasi.

Ikan Pindang Bola Bola Bakso

Ada pindang, bingung mau dimasak apa? Nie q bagi resep kreatif q, yang sederhana tapi rasa insyaAllah mirip kayak sarden. Dan pastinya ini tanpa bahan pengawet. :) Yuk langsung aje ye...

Bahan :
Ikan Pindang 2 kranjang (cuci bersih, kalo aq tidak suka kepala jadi q buang)10 gelinding bakso yang kecil-kecil3 sdm Saus tomat/ saus sambal2 sdm saus tiramAir, (sedikit saja)1 sdt garam1 sdt gulaKaldu instan (bila suka) 3 sdm margarin Bumbu :
4 siung bawang putih (cincang kasar)3 siung bawang merah ( iris tipis)5 cabai hijau (iris serong) Cara membuat :
Ikan pindang setelah dibersihkan dibelah 2 dan digoreng sebentar.Siapkan wajan, panaskan margarin kemudian tumis bumbu hingga harum.Masukkan bola bakso dan tambahkan sedikit air. Tambahkan gula, garam, kaldu instan. Aduk rata.Masukkan ikan pindang yang sudah ditiriskan dan tambahkan saus tiram dan saus tomat/saus sambal.Aduk rata, tunggu matang. Rasakan, enak kemudian angkat dan sajikan. Selamat mencoba :)

Tumis Kacang Panjang Tempe

Kacang panjang dan tempe bahan nabati yang banyak gizinya. Dan banyak pula macam masaknya. Kali ini yang mudah aja ya... :D mis-tumis... nie nikmat juga buat sarapan, pagi yang mendesak enaknya numis aja.. yuk langsung ke dapur.

Bahan :
250 gr kacang panjang (potong panjang)1 bungkus tempe (potong serong dan goreng sebentar)100 ml air5 sdm minyak untuk menumis3 sdm kecap manis1 sdt garam1 sdt gula jawa 1 bungkus kaldu instan (kalo suka)  Bumbu :
5 siung bawang putih (cincang kasar)4 siung bawang merah (iris tipis)3 buah cabe merah (iris serong) Cara membuat :
Siapkan wajan dan panaskan minyak, tumis bumbu hingga harum.Masukkan kacang panjang, tambahkan air. Aduk dan tunggu kacang panjang empuk.Masukan tempe dan tambahkan kecap, garam, gula dan kaldu.Aduk rata, tunggu matang. Angkat dan sajikan. Jangan lupa taburkan bawang goreng... :)

Ca Brokoli Saus Tiram

Brokoli...sayuran ijo-ijo ini kaya banyak gizi lo karna mengandung antioksidan, vitamin C dan juga sumber alami asupan asam folat yang mencegah penyakit hati. Jadi yang lagi sakit hati ato lagi galau, makan aja brokoli. :D  Baik, yuk masak ca brokoli...simple kog.. :)

Bahan :
500 gr brokoli, (potong-potong menurut kuntumnya)150 ml air1/2 sdm tepung maizena (larutkan dalam sedikit air)2 sdm margarin (untuk menumis) Bumbu :
5 siung bawang putih (cincang kasar)1/4 butir bawang bombai (potong panjang)5 sdm saus tiram1 sdt garam1 sdt gula pasir1/2 sdt lada bubuk Cara membuat :
Panaskan margarin, tumis bawang putih dan bawang bombai hingga harum. Tambahkan lada bubuk.Masukkan brokoli dan masak dengan api kecil.Masukkan larutan meizena aduk rata, tambahkan saus tiram, garam, gula dan aduk rata. Tunggu kuah mengental. Matang, sajikan.

Ca Kangkung

Kangkung selain enak dan mudah diolah, kangkung merupakan salah satu sayuran yang sehat dan banyak manfaatnya. Mengandung banyak zat seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin C, protein, kalium, fosfor, zat besi, karoten, dan bersifat anti racun juga lo. Nie yang biasa aq osreeng di dapur, Ca kangkung. langsung aja ke reseep.
Bahan : 2 ikat kangkung (potong sesuai selera)1 sdm ebi250 ml air2 sdm margarin Bumbu :
7 siung bawang putih (geprek)3 siung bawang merah (iris tipis)2 sdm saus tiramGaram secukupnya1 sdm gula pasir Cara membuat :
Panaskan margarin, tumis bawang putih dan bawang merah.Masukkan air, didihkan dan masukkan kangkung dan ebi.Tambahkan garam, gula dan saus tirami, aduk rata.Setelah mendidih dan matang, sajikan. Mudah kan... :)